Welcome

Rabu, 01 Februari 2012

Tugas Individu Perancangan Database

Kali ini IMIN mau membagikan informasi nih tentang Tugas Individu Perancangan Database.


Soal :


Sebuah perusahaan yang melayani pemesanan barang atau produk umum memerlukan sebuah program aplikasi yang berfungsi untuk menyimpan data produk beserta pemasoknya (supplier), dan juga berfungsi untuk mencatat pemesanan (order) dari pembeli. Setiap produk yang dipesan akan dikirim kepada pembeli disertai dengan surat jalan dan faktur. Rancanglah basisdatanya menggunakan DB Designer, dan ekspor rancangan tersebut ke MySQL!

Jawaban :




- Menggunakan Komponen TABEL dan RELASI
Klik komponen Tabel pada toolbar seperti di gambar berikut :




- Letakan komponen tsb. pada page area sehingga muncul komponen Tabel (Table_01) pada page area,kemudian klik kanan komponen tsb sehingga muncul menu dan pilihlah Edit Object seperti berikut :




- Menu Edit Object akan menampilkan jendela Table Editor. Pada Table Editor kita bisa menentukan properties dari tabel seperti nama tabel, tipe data, primary key dsb.Ubah dan simpanlah properties tabel (Table _01) menjadi tabel supplier (struktur tabel seperti pada pembahasan LRS tanpa ada FK) seperti berikut :






- Ulangi langkah-langkah menggunakan komponen Table diatas (tabel supplier) untuk tabel barang dan faktur. Sehingga ada 3 komponen Table seperti gambar berikut :






- Langkah berikutnya membuat relasi 1-M antara supplier dengan faktur dengan cara klik komponen 1-n Relation pada toolbar seperti di gambar berikut :



- Klik di tabel supplier kemudian klik di tabel faktur, sehingga muncul komponen relasi yang menghubungkan kedua tabel tsb. dan FK (NLgn) berada pada tabel faktur, seperti gambar berikut :




- Langkah berikutnya membuat relasi M-M antara faktur dan barang dengan cara klik komponen n-m Relation pada toolbar seperti gambar berikut :





- Klik di tabel faktur kemudian klik di tabel barang, sehingga muncul komponen relasi yang disertai munculnya tabel baru (faktur_has_barang) dan FK (Nfak & NBrg) berada pada tabel tsb, seperti gambar berikut.dengan cara klik komponen n-m Relation pada toolbarLangkah berikutnya membuat relasi M-M antara faktur dengan seperti di gambar berikut :





- Edit properties tabel faktur_has_barang yaitu dengan mengganti nama menjadi tabel transaksi dan menambahkan field Qty dan HrgTrans. Sehingga menjadi seperti gambar berikut :



-Untuk mengekspor hasil rancangan database ke dalam database digunakan Database Synchronization. digunakan pada contoh ini adalah MySQL.Sebelum melakukan sinkronisasi, kita perlu membuat koneksi ke database MySQL terlebih dahulu. Jika remote connection dengan root diperbolehkan maka gunakan userroot. Jika tidak maka kita butuh membuat user baru terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara bagaimana membuat user baru yaitu db_owner.




-Buat database baru yaitu dbpenjualan_III




-Mengekspor Tabel Hasil Rancangan ke Server Database bisa dilakukan dari menu Database -> Database Sychronisastion seperti gambar berikut :




-Lalu pilih MySQL sebagai database dan kemudian klik New Database Connection



KlikConnectuntukterkoneksikeMySQL



- Klik Execute untuk mengeksekusi sinkronisasi





Setelah tampil jendela seperti di atas, selanjutnya klik tombol EXECUTE untuk mengekspor tabel ke server database MySQL dan akan tampil progress report seperti berikut :

0 komentar:

Posting Komentar

 
;